Kualitas Fisik Daging Ayam Broiler Yang Diberi Pakan Berbasis Jagung dan Kedelai Dengan Suplementasi Tepung Purslane (Portulaca Oleracea)

Lilik Retna Kartikasari, Bayu Setya Hertanto, Iwan Santoso, Adi Magna Patriadi Nuhriawangsa

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis kualitas fisik daging ayam broiler yang diberi pakan berbasis jagung dan kedelai dengan suplementasi tepung purslane. Penelitian dilaksanakan di kandang peternakan Dusun Jatisari Desa Jatikuwung Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Pengujian kualitas fisik daging dilaksanakan di Laboratorium Industri dan Pengolahan Hasil Ternak, Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan Laboratorium Ilmu dan Teknologi Daging Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Seratus lima puluh ekor DOC ayam broiler dibagi secara acak ke dalam 5 perlakuan dengan menggunakan 6 ulangan dan setiap ulangan terdiri 5 ekor. Pakan perlakuan menggunakan pakan basal berbasis jagung dan kedelai  yang mendapat suplementasi tepung purslane dengan level 0% (R0), 1,5% (R1), 3% (R2), 4,5% (R3) dan 6% (R4) dari total pakan yang diberikan. Pakan dan air minum diberikan secara ad libitum. Pengambilan sampel daging dilakukan pada hari ke 35 untuk dianalisis kualitas fisik meliputi nilai pH, susut masak, WHC dan keempukan. Data dianalisis menggunakan analysis of variance (ANOVA) dan pengujian dilanjutkan dengan uji Tukey apabila terdapat pengaruh perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi tepung purslane pada pakan ayam broiler tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap  nilai pH, susut masak, WHC dan keempukan. Penambahan tepung purslane pada pakan sampai level 6% tidak memberikan efek negatif terhadap kualitas fisik daging ayam broiler.

Kata kunci: ayam broiler, tepung purslane, kualitas fisik daging

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jtp.v12i2.1290


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Copyright @ 2007 Department of Food Technology Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
______________________________________________________________________

Pusat Publikasi | Teknologi Pangan | Fakultas Teknik (Gedung Giri Reka ) | Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Indonesia

Jln. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar Surabaya, 60294 Email : jtp@upnjatim.ac.id