Akuntabilitas Kinerja Koperasi Unit Desa Di Era Reformasi (Studi Produktivitas Susu Sapi Perah Di Kud Batu)

Cahyo Sasmito

Abstract


Kurangnya akuntabilitas kinerja era reformasi KUD dapat menjadi penyebab menurunnya produksi susu di KUD Batu, dalam 4 tahun terakhir produksi susu di KUD Batu menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun. Faktor lain di petani skala usaha rendah, biaya operasional yang tinggi, sapi perah unggul mahal, sulit ternak lahan hijauan, kurang modal, serta bantuan yang tidak optimal, dan Good Farming Practice yang belum dilakukan dengan baik; masalah yang cukup masalah dasar dalam Koperasi Batu Unit Desa (KUD Batu).

Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2016 sampai Februari 2016. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data utama adalah data primer dan didukung oleh data sekunder, peneliti menggunakan serangkaian pertanyaan yang digunakan sebagai instrumen dalam mendapatkan data dari informan di tahap wawancara (interview), observasi (pengamatan), dan didukung oleh data sekunder berupa dokumentasi (dokumen). sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan model interaktif dari Miles dan Huberman (1992), yaitu: reduksi data (reduksi data), penyajian data (data display) dan kesimpulan / verifikasi (verifikasi).

Hasil penelitian ini menunjukkan: akuntabilitas rendah kinerja KUD Batu di Produksi Susu Sapi Perah di KUD Batu, baik dari segi akuntabilitas administrasi / manajerial akuntabilitas, hukum, akuntabilitas politik, akuntabilitas profesional, dan akuntabilitas moral, sebagai serta faktor utama dalam penurunan produksi ternak perah di KUD Batu. Saran perlu penambahan satu unit penanganan keluhan peternak sapi perah di KUD Batu, yang juga seorang peternak dibangun di KUD Batu, kemudian ditindaklanjuti dengan petani manajemen keluhan susu intensif, didukung oleh peningkatan sumber daya manusia di KUD Batu yang menjadi pemimpin , manajer sering disebutkan dalam penelitian ini sebagai papan KUD Batu, kerjasama yang baik antara dewan dan peternak sapi perah atau juga disebut sebagai susu sapi dalam penelitian ini adalah solusi untuk meningkatkan kaulitas dan kuantitas produksi susu sapi perah di KUD Batu

 

Keywords: find solutions, make changes, improve accountability.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by Pusat Studi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)