Kebijakan Distribusi Pupuk Bersubsidi Di Sidoarjo

Rusdi Hidayat Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan penyaluran pupuk bersubsidi di Sidoarjo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitiannya yaitu mengetahui sistem  penyaluran dan pengawasan pupuk bersubsidi di Sidoarjo, Peneliti mengambil fokus ini dikarenakan peneliti ingin mengetahui bagaiamana cara dan sistem pengawasan yang dilakukan oleh anggota kecamatan Sukodono dalam mengawasi pendistribusian pupuk bersubsidi dan mengetahui kebutuhan alokasi pupuk bersubsidi di Sidoarjo

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penyaluran dan pengawasan pupuk bersubsidi dilakukan melalui beberapa pola. Dimana penyusunan pola tersebut dilakukan dengan cara melakukan penyuluhan secara berkala di setiap kios-kios resmi yang ditunjuk produsen untuk menjual pupuk bersubsidi. Dengan dilakukannya penyaluran dan pengawasan pupuk bersubsidi melalui beberapa pola ini, diharapkan kebutuhan pupuk bersubsidi bisa sesuai dengan kebutuhan riil di tiap kelompok tani atau petani. Sehingga kelangkaan pasokan pupuk tidak akan pernah terjadi di wilayah Sukodono Sidoarjo ini. Pengadaan serta alokasi kebutuhan pupuk bersubsidi dilakukan dengan cara melakukan pengawasan terhadap pedangang atau kios-kios yang menjual pupuk bersubsidi. Hal ini dilakukan agar alokasi kebutuhan pupuk bersubsidi sesuai dengan kebutuhan petani dalam penggunaan pupuk. Dari hasil wawancara diatas penulis dapat menyimpulkan anggaran yang diberikan oleh pemerintah untuk pupuk bersubsidi dari awalnya kurang, dikarenakan banyaknya   anggaran untuk subsidi yang diberikan kepada sektor-sektor  lain sepeti sektor pendidikan. Oleh karena itu, produsen mengurangi jatah pengiriman pupuk bersubsidi di setiap wilayah yang mendapatkannya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)