Pengawasan Terhadap Bangunan Liar Sepanjang Garis Sempadan Jalan Oleh Satuan Polisi Pamong Praja Di Kota Surabaya (Studi Kasus di Jalan Pandegiling Surabaya)

Delia Yopi Amanda, Tukiman Tukiman

Abstract


Penelitian ini di dasarkan pada fenomena banyak bangunan liar di kawasan jalan Pandegiling Surabaya. Kebanyakan masyarakat yang mendirikan bangunan liar tersebut karena kehabisan lahan untuk di jadikan tempat tinggal maupun usaha, bangunan liar yang di miliki masyarakat ini tidak mempunyai bukti kepemilikan dan SuratIzin Mendirikan Bangunan (IMB) atas lahan yang di tempati.

Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Jalan Pandegiling Surabaya. Fokus penelitian ini berdasarkan pada Peraturan Walikota Surabaya Nomor 4 Tahun 2009 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya serta Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2009 Tentang Bangunan yang dikombinasikan dengan Teori Teknik-Teknik Pengawasan Sondang P Siagian yaitu Pengawasan Langsung dan Pengawasan Tidak Langsung.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, 1) Pengawasan langsung, hasil inspeksi langsung, on the spot observation(Pengamatan di Tempat)dan on the spot repot yang di lakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja telah terlaksana dengan baik (Laporan Langsung) namun belum optimal. 2) Pengawasan Tidak Langsung, hasil pengawasan secara lisan dan tertulis telah memadai namun perlu ada tambahan pemasangan banner di kawasan Jalan Pandegiling Surabaya mengenai bangunan liar serta perlu ada pengawasan langsung dari Komandan Pleton Satuan Polisi Pamong Praja berupa sidak untuk meningkatkan rasa tanggungjawab kepada para petugas yang sedang melakukan patroli agar lebih disiplin.

Pengawasan bangunan liar di Kota Surabaya belum berhasil karena masih terdapat bangunan liar di sepanjang Jalan Pandegiling Surabaya namun di harapkan pengawasan tersebut lebih di tingkatkan, agar tidak ada lagi bangunan liar yang muncul di Jalan Pandegiling Kota Surabaya.

 

DOI  https://doi.org/10.33005/jdg.v8i2.1185



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)