Penerapan Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Di Kalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Raudlatul Jannah, Sri Wibawani

Abstract


Penelitian ini didasari oleh fenomena tentang Penerapan Nilai-Nilai Cinta Tanah Air di Kalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Naional “Veteran” Jawa Timur, sehingga implementasi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 122 Tahun 2014 Tentang Pendirian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dan Undang-undang Republik Indonesia nomor 3 pasal 9 ayat (1) mengamanatkan bahwa Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Dengan adanya semangat cinta tanah air maka mahasiswa akan memiliki jiwa peduli dan saling menghargai satu sama lainnya,dapat terimplementasi dengan baik.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi dan menganalisis Penerapan nilai-nilai cinta tanah air di kalangan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sumber data yang diperoleh dari informan yang dipilih berdasarkan snowball sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi yang kemudian data di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan fokus penelitian menggunakan teori yang dikonsep oleh Jenderal Pertahanan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Nilai-nilai Cinta Tanah Air Dikalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur belum diterapkan sepenuhnya.

Kata Kunci:  Cinta Tanah Air, Kampus Bela Negara, Mahasiswa.

 

DOI   https://doi.org/10.33005/jdg.v8i2.1186



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)