Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) “Usaha Mandiri Sejahtera” Dalam Pengelolaan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Di Desa Kesamben Wetan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

Afien Juniar Isnaini, Ertien Rining Nawangsari

Abstract


Penelitian ini didasari oleh fenomena tentang Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Usaha Mandiri Sejahtera dalam Pengelolaan Hippam di Desa Kesamben Wetan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik sehingga Bumdes dan Hippam menjadi Badan Usaha dan Program Berprestasi tingkat kabupaten maupun provinsi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Usaha Mandiri Sejahtera dalam pengelolaan Hippam di Desa Kesamben Wetan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Adapun fokus kajian dalam penelitian ini adalah peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam organisasi Usaha Hippam, dan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam melaksanakan kegiatan dan pengembangan usaha yaitu operasional Hippam.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sumber data yaitu melalui kata – kata/perbuatan, sumber tertulis, foto dan data statistik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi yang kemudian data di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan fokus penelitian menggunakan teori peran Soekanto, Perda Kabupaten Gresik Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pembentukan dan Pengelolaan Bada Usaha Milik Desa (BUMDES), teori pelayanan Moenir dan teori kebijakan Syafiie.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Usaha Mandiri Sejahtera dalam Pengelolaan Hippam di Desa Kesamben Wetan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik adalah sangat baik.

 

Kata Kunci: BUMDES, Peran, Pelayanan, dan Air.

 

DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i2.1190




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by Pusat Studi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)