Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Di Kabupaten Madiun

Melanny Methasari, Gogi Kurniawan, A.Rochim Sidik

Abstract


Agar dapat bersaing dan merebut kembali pangsa pasar maka diperlukan pengembangan strategi dan inovasi, hal ini diperlukan karena adanya sebuah inovasi yang bagus maka akan mendapatkan respon dari konsumen. Inovasi penting untuk mempertahankan keunggulan bersaing. Demikian juga yang dialami pada sektor UKM.  Sektor UKM diharapkan menjadi penyumbang untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pemasaran UKM di Madiun

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pelaku UKM di Kabupaten Madiun. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 45 responden. Analisis regresi linier berganda merupakan suatu metode yang di gunakan dalam menganalisis hubungan yang mempunyai pengaruh antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas

Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan analisis untuk menguji peran orientasi pasar, inovasi produk dan kreativitas terhadap kinerja pemasaran, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Hasil analisis orientasi pasar, inovasi produk dan kreativitas berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Pemasaran. Hasil analisis orientasi pasar, inovasi produk dan kreativitas berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Pemasaran.

Kata kunci : UKM, orientasi pasar, inovasi, kreativitas, kinerja pemasaran.

 

DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i2.1192




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by Pusat Studi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)