INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI ERA PANDEMI COVID-19: BEST PRACTICES DI PROVINSI JAWA BARAT

Harditya Bayu Kusuma, Benedicta Retna Cahyarini, Ladiatno Samsara

Abstract


ABSTRAK

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah merubah berbagai tatanan kehidupan, tanpa kecuali Bangsa Indonesia. Sistem perekonomian, kesehatan, sosial dan budaya bahkan pemerintahan di Indonesia ikut berubah menyesuaikan dengan kondisi akibat pandemi tersebut. Pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah turut berubah menyesuaikan kondisi agar pelayanan publik tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (PIKOBAR), Pelayanan Administrasi Kependudukan Kota Bandung dan MOPELING SARASA (Motor Pelayanan Keliling Saba Rahayat Desa) Kabupaten Sukabumi merupakan beberapa contohnya. Ketiga pelayanan ini mampu memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat di kala pandemi Covid-19. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan best practices inovasi pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat, menganalisis prasyarat keberhasilan inovasi pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 dan mengetahui tantangan dalam implementasi inovasi pelayanan publik tersebut. Tulisan ini menggunakan metode studi pustaka yaitu pengumpulan data dan informasi dengan telaahan berbagai referensi, literatur dan jurnal penelitian yang relevan dengan topik penulisan. PIKOBAR Provinsi Jawa Barat, Pelayanan Administrasi Kependudukan Kota Bandung dan MOPELING SARASA Kabupaten Sukabumi terbukti dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan di kondisi pandemi Covid-19. Di saat berbagai hal serba terbatas, ketiga inovasi tersebut dapat membantu masyarakat untuk tetap mendapatkan pelayanan dari pemerintah. Berdasarkan  inovasi diatas prasyarat keberhasilan inovasi pelayanan publik di masa Pandemi Covid-19 diantaranya komitmen pimpinan, sinergitas antar pihak, berorientasi output dan dukungan teknologi informasi. Sedangkan tantangan yang dihadapi dalam implementasi inovasi pelayanan publik tersebut adalah sumber daya, partisipasi masyarakat dan keberlanjutan inovasi.

Kata kunci: Pelayanan Publik, Inovasi, Inovasi Pelayanan Publik, Pandemi Covid-19[1] [2] , Best Practices

 

 

ABSTRACT

Due to the Covid-19 pandemic, the world has experienced changes in every part of life, such as economy, health, social and cultural systems. The Indonesian government has changed the public services system, in order to run the public services smoothly in the midst of pandemics. In the West Java Province, at least three innovation was developed in order to ease the public services, these are; Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (PIKOBAR), Pelayanan Administrasi Kependudukan form Bandung Municipality dan MOPELING SARASA (Motor Pelayanan Keliling Saba Rahayat Desa) Sukabumi Regency. These three innovations are able to provide services to the community during the Covid-19 pandemic. Therefore, the aims of this paper are to describe the best practices of public service innovation in the West Java Province and analyze the prerequisite for innovation success and explore the challenges in the innovations’ implementation. The literature method was used in this article, data was gathered from various references, literature, journals, and articles related to the research topic. PIKOBAR West Java Province, Pelayanan Administrasi Kependudukan Bandung Municipality dan MOPELING SARASA Sukabumi Regency provide public services with convenience and easiness during the pandemic and helps the community to get the service from the government. Based on the analysis of innovation best practices, the authors found that the commitment from the leaders, collaboration, output-oriented, and information technology improvement are the prerequisite for innovation success. While the innovation faced the challenge in terms of resources, community participation and innovation continuity.

Keywords: Public Services, Innovation, Public Services Innovation, Pandemic Covid-19, Best Practices

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v12i1.2976


References


Basuki, J. (2013). Budaya Pelayanan Publik. Hartomo Media Pustaka.

European Commission. (2017). Criteria to select Best Practices in Health Promotion and Chronic Disease Prevention and Management in Europe.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media.

Imanuddin, M. (2016). Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kota Malang Tahun 2021.

PermenPAN RB No.30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, Pub. L. No. 30 (2014).

Komaruddin. (2014). Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Genesindo.

Lembaga Administrasi Negara. (2014). Direktori Inovasi Administrasi Negara 2014.

Lestari, P. A., Tasyah, A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212–224. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.808

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN.

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik (1st ed.). CV. Pustaka Setia.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569

Osburn, J., Caruso, G., & Wolfensberger, W. (2011). The concept of “best practice”: A brief overview of its meanings, scope, uses, and shortcomings. International Journal of Disability, Development and Education, 58(3), 213–222. https://doi.org/10.1080/1034912X.2011.598387

Undang-undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Pub. L. No. 25 (2009).

Podungge, A. W., & Solihin, D. I. Y. (2020). Posisi Tawar Pelanggan Terhadap Akurasi Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan SDG di Era Pandemic COVID-19 Pada Samsat Kota Gorontalo. Public Administration Journal of Research, 2(4), 4431–4442. https://doi.org/10.33005/paj.v2i4.68

Rahmadanik, D. (2021). Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo di Era Pandemi Covid-19. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 11–18.

Setijaningrum, E. (2009). Inovasi Pelayanan Publik. PT. Revka Petra Media.

Silalahi, U., & Syafri, W. (2015). Desentralisasi Dan Demokrasi Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Pemerintah Daerah Lebih Transparan, Partisipatif, Responsif dan Akuntabel (1st ed.). IPDN PRESS.

Sukabumiupdate. (2019). Inovasi Mopeling Sarasa, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Raih Juara 1 Tingkat Jabar. https://sukabumiupdate.com/posts/60386/inovasi-mopeling-sarasa-disdukcapil-kabupaten-sukabumi-raih-juara-1-tingkat-jabar

Sutrisna, I. W. (2021). Penyelenggaraan pelayanan publik yang inovatif di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 4(2), 21–29.

Syaidah, S. (2020). Inovasi Layanan Publik Pusat Informasi Dan Koordinasi Jawa Barat (Pikobar) Saat Pandemi Covid-19. Dialektika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 148–158.

Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi, 2(1), 1–18.

Thorik, S. H. (2020). Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 total jumlah Pasien Dalam Dalam Pengawasan sebanyak Langkah Strategis Pemerintah Penanggulangan Wabah Corona Vi- Covid 19 , pertumbuhannya cukup mengkhawatirkan. ADALAH Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 115–120.

UN Habitat. (2022). Best Practices. https://unhabitat.org/

United Nations. (2011). Best Practices for Including Persons with Disabilities in all Aspects of Development Efforts.

Wati, N. K. (2021). Tipologi Inovasi Pelayanan Publik dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan Di Masa Pandemi. Journal of Government, 6(2), 89–110.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Telp : +6281908756400