Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Haji Surabaya
Abstract
Sehubungan dengan peraturan Daerah No. 11 Tahun 2005 tentang pelayanan publik di Propinsi Jawa Timuru, Rumah Sakit Haji Surabaya merupakan salah satu tempat yang memberikan pelayanan publik yang dihaniskan membuat atau menyusun standar pelayanan publik berdasarkan peraturan daerah dan disesuaikan dengan jenis pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Haji Surabaya. Hal ini dapat diketahui melalui data pengaduan pada tahun 2015 sebanyak 3.0 pengaduan dan tahun 2016 sebanyak 10 pengaduan (RSII.RS. Haji Surabaya, 2016) Banyaknya pengaduan tersebut membuat aparatur Rumah Sakit Haji Surabaya menjadi lebih waspada dalam melaksanakan pelayanan publik. Tern uan tersebut merupakan bahasan yang sangat penting untuk dikaji, dengan demikian penelitian ini sangatlah penting untuk dilakukan, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat diketahui upaya Rumah Sakit Haji Surabaya dalam pelaksanaan standar pelayanan publik.
Pada penelitian kualitatif ini, dalam menganalisis data yaitu menggunakan model. Adapun model yang kami gunakan adalah model manajemen pelayanan (Ratminto dan atik septi winarsih). Model ini sangat tepat dipakai sebagai alat analisis dalam penelitian ini karena dengan menggunakan model ini dapat dikaji upaya Rumah Sakit Haji Surabaya dalam pelaksanaan standar pelayanan publik.
Kendala yang ada di Rumah Sakit Haji Surabaya tentang pelaksanaan pelayanan publik yaitu terutama pada aspek pemahaman aparaturnya, terlebih pada aparatur rumah sakit pada golongan bawah. Walaupun sosialisasi standar pelayanan publik sudah pada level paling rendah dan dilakukan melalui berbagai media, namun masih di jumpai aparatur yang masih belum mengetahui tentang standar pelayanan publik. Untuk mengatasi kendala tersebut Rumah Sakit Haji Surabaya mengadakan sosialisasi tentang Standar Pelayanan Publik
Kata kunci : Rumah Sakit Haji Surabaya, Standar Pelayanan Publik
Refbacks
- There are currently no refbacks.