Analisis Akuntabilitas Pemberian Informasi Yang Berkualitas Bagi Masyarakat Dalam Pelayanan e-KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Batu
Abstract
Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2017 sampai dengan Maret 2017, metode penelitian dengan pendekatan dekriptif kualitatif, Pelayanan e-KTP merupakan pelayanan dasar bagi semua warga Negara Indonesia khususnya yang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam implementasinya pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu masih dijumpai keluhan-keluhan masyarakat pada saat membutuhkan jasa pelayanan e-KTP, khususnya setelah diterbitkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471/1767/SJ Tentang Persyaratan Pembuatan e-KTP, tidak perlu pengantar RT, RW. Tetapi staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu yang bertugas masih meminta pengantar RT dan RW, untuk masyarakat yang mengajukan perpanjanagan e-KTP, waktu pencetakan KTP yang lama, seringnya bermasalah pada server ketika pengambilan data baik scan retina mata, pengambilan sidik jari, tanda tanggan, dan photo.
Kata kunci: informasi, pelayanan dan kualitas
Published by :
Department of Public Administration
University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)
Editorial Office :
Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya
Faculty of Social, Cultural, and Political Science
University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id






