Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat Pada Perda Kabupaten Sidoarjo No 4 Tahun 2011 (Studi Pada Kawasan Terbatas Merokok Di Terminal I Bandara Internasional Juanda)

Puspita Kusumasari Williyanto, Sri Wibawani

Abstract


Banyaknya perokok yang masih merokok disembarangan tempat sehingga pemerintah memberlakukan peraturan tentang kawasan terbatas merokok, salah satunya adalah Perda Kabupaten Sidoarjo No 4 Tahun 2011. Namun upaya pemerintah tersebut terdapat berbagai kendala salah satunya adalah kurangnya kepatuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dan untuk mengetahui pengaruh masing-masing dari faktor terhadap kepatuhan masyarakat akan Perda Kabupaten Sidoarjo No 4 Tahun 2011 (Studi Kawasan Terbatas Merokok Terminal I Bandara Internasional Juanda).Tujuan dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah para pengunjung/ masyarakat yang berada di sekitar Terminal I Bandara Internasional Juanda. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simple Purpose. Jumlah responden ditentukan sebanyak 300 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah metode kuisioner/angket. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Koefisien Jaspen’s, Koefisien Theta dan Koefisien Gamma.Hasil penelitian yaitu: (1) Tingkat kepatuhan masyarakat yang berada di Terminal I Bandara Internasional Juanda menunjukkan sikap sangat patuh. Namun sikap sangat patuh tersebut masih pada interval batas bawah. (2) Tujuh  faktor sebagai variabel X yang diteliti terdapat 4 faktor yang secara signifikan mempengaruhi tingkat kepatuhan masyarakat yaitu variabel X3 yaitu tingkat pendidikan  sebesar  0,3047%, variabel X4 yaitu tingkat pengetahuan  sebesar 0,3712%, variabel X5 yaitu perilaku merokok sebesar 0,4567% dan variabel X6 kualitas sarana merokok (smoking area) sebesar 0,5214 %. (3) Faktor yang paling tinggi tingkat pengaruhnya adalah faktor kualitas sarana merokok (smoking area) atau variabel X6.

 

DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1204


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)