Efektivitas Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular (PTM) Di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo

Tria Adhinta Indra Jayusman, Agus Widiyarta

Abstract


Posbindu PTM merupakan program kesehatan yang kegiatannya yaitu untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular.  Posbindu PTM di Desa Anggaswangi dilakukan rutin sebulan sekali. Sehubungan dengan fenomena tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas Program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo

Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara. Sumber data diperoleh dari dokumen dan informan. Informan penelitian yaitu Petugas Kesehatan Posbindu, Kader Posbindu serta Pasien Posbindu. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif, yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa: Efektivitas Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Pnyakit Tidak Menular (PTM) di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo sudah sesuai dan efektif karena sudah melakukan delapan kegiatan pemeriksaan dalam program posbindu PTM yaitu antara lain sebagai berikut : wawancara terarah, Pengukuran Berat Badan. Pengukuran Tinggi Badan, Pengukuran Lingkar Perut, Pengukuran Indeks Massa Tubuh, Pemeriksaan Tekanan darah serta konseling, Pemeriksaan Gula Darah serta Pemeriksaan Kolesterol Total.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Posbindu PTM

 

DOI  https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1207




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)