Pengaruh Program Gerakan Randegan Hijau Terhadap Partisipasi Masyarakat Desa Randegan Kab. Sidoarjo (Studi Komperatif Uji Wilcoxon Tingkat Partisipasi Sebelum & Sesudah Dilaksanakan Program Gerakan Randegan Hijau)

Farichatus Syarifah, Sri Wibawani

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada fenomena partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo yang kurang dalam program gerakan randegan hijau karena masyarakat masih terdapat sampah yang dibuang tidak pada tempatnya (dipinggir jalan, sungai, tempat-tempat umum, dll), membakar sampah sembarangan, dan tidak menjaga, memelihara, dan mengawasi lingkungan dari kotoran/sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh sebelum dan sesudah dilaksanakan program gerakan randegan hijau terhadap partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga Desa Randegan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Jumlah responden sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang diguanakan adalah metode komperatif uji wilcoxon dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan analisis data kuantitatif dengan perhitungan wilcoxon satu variabel dua sampel. Hasil penelitian ini adalah: 1) tingkat Tingkat partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo sebelum program gerakan randegan hijau berada pada kategori sedang dengan prosentase terbanyak sebesar 37%. 2) Tingkat partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo sesudah dilaksanakan program gerakan randegan hijau berada pada kategori tinggi dengan prosentase terbanyak sebesar 54%. 3) Sesudah program gerakan randegan hijau tingkat partisipasi masyarakat terdapat perubahan yang paling banyak adalah partisipasi masyarakat dalam pembayaran retribusi yang memiliki prosentase sebesar 85%. 4) Uji hipotesis statistik wilcoxon, menghasilkan bahwa harga uji statistik Z hitung = 8,49  lebih besar dari harga/nilai kritis Z0,10 = 1,282 atau Z hitung = -8,36 lebih kecil dari harga/nilai kritis Z0,10 = -1,282 (ingat harga (-) tidak diperhitungkan karena harga mutlak). Jadi Z hitung lebih besar dari Z tabel. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa program gerakan randegan hijau berpengaruh signifikan terhadap peningkatan partisipasi masyarakat.  Maka dapat dinyatakan bahwa terbukti terdapat pengaruh program gerakan randegan hijau terhadap partisipasi masyarakat.

Kata Kunci : Partisipasi, Program Gerakan Randegan Hijau

 

DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1212




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)