Strategi Komunikasi Pemasarandalam Upaya Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Magetan
Abstract
Pariwisata merupakan sebuah industri hiburan yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang.Kebanyakan orang disibukkan dengan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari yang monoton, menyebabkan timbulnya suatu kejenuhan.Objek wisata menjadi hal yang menarik untuk diteliti, karena pada saat ini Kabupaten Magetan memiliki berbagai tempat wisata yang masih banyak belum dikembangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi komunikasi pemasaran dan hambatan DinasPariwisata dalam upaya mengembangkan pariwisata Kabupaten Magetan. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran dan hambatan Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan dalam upaya mengembangkan pariwisata di Kabupaten Magetan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif memalui wawancara mendalam, serta observasi di lokasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata dengan melakukan tahapan pendataan/inventarisasi, perencanaan, dan pelaksanaan. Selanjutnya hambatan yang ditemukan dalam proses penyusunan strategi pemasaran adalah minimalnya komunikator, pesan, dan media serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Kata Kunci :Strategi Komunikasi Pemasaran, Dinas Pariwisata, Kabupaten Magetan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.