Peran Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil KKB Provinsi Jawa Timur

Agus Masruhin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh deskripsi  Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan terhadap  Kinerja PLKB/PKB dan  bertujuan mengetahui pengaruh variabel paling yang dominan terhadap kinerja PLKB/PKB Provinsi Jawa Timur.

Variabel penelitian terdiri dari vasiabel bebas yaitu deskripsi Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan, sedangkan variabel terkat adalah kinerja PLKB/PKB Provinsi Jawa Timur.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil yang memiliki jabatan fungsional sebagai Pekerja Lapangan Keluarga Berencana/Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB/PKB) di lingkungan Provinsi Jawa Timur. Untuk lebih mempermudah peneliti dalam identifikasi, kami mengambil penyebarannya diwilayah Malang Raya saja Sebanyak 238 orang yang dalam penelitian kami mengambil 30% secara purposive random sampling (sampel penelitian) atau sejumlah 73 orang.Teknik analisa data untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu variabel deskripsi pekerjan dan pendidikan pelatihan menggunakan  koefisien korelasi R Square. Sedangkan untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F, secara parsial menggunakan uji t.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Deskripsi Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja PLKB/PKB. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja PLKB/PKB adalah pendidikan pelatihan.Korelasi antara kedua variabel independen terhadap variabel dependen memiliki hubungan yang cukup kuat dan positif terhadap kinerja PLKB/PKB.Variabel Deskripsi Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja PLKB/PKB

 

DOI   https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1218



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by Pusat Studi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)