KUALITAS PELAYANAN BALAI PEMBERANTASAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PARU DI PAMEKASAN

Lukman Arif

Abstract


Masalah pelayanan publik merupakan fenomena yang terus mengalami dinamika yang tidak pernah berhenti. Kecenderungan yang terus berkembang dari perspektif pengguna pelayanan adalah semakin berkembangnya tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas. Balai Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Paru (BP4) di Pamekasan sebagai merupakan salah satu penyelenggara pelayanan di bidang kesehatan dan selanjutnya menjadi locus penelitian. Tingkat kepuasan masyarakat yang belum mencapai pada semuas aspek penilaian merupakan permasalahan yang dikeluhkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan mengenai  kualitas pelayanan BP4. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Sedang pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara maupun dokumentasi. Hasil penelitian tentang kualitas pelayanan BP4 di Pamekasan ini secara keseluruhan menunjukkan hal yang positif meskipun dari aspek-aspek yang diteliti memerlukan perhatian dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Kata kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan.

 

DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v9i1.1423




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Telp : +6281908756400