PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI DAN EDUKASI KONSUMEN CERDAS DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TIMUR

Ary Setyo Wicaksono, Sri Wibawani

Abstract


Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang awalya akan diberlakukan pada Tahun 2020 dipercepat menjadi Tahun 2015. Karena adanya itu banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia. Untuk itu rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi Dan Edukasi Konsumen Cerdas (KONCER) Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Oleh Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (DISPERINDAG) Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (DISPERINDAG) Provinsi Jawa Timur. Fokus penelitian ini berpedoman dari tahapan kegiatan pemberdayaaan masyarakat yang di tulis oleh Lippit dalam buku Mardikanto dan Soebiato (2013:123), yang meliputi 7 (tujuh) Kegiatan pokok yaitu : 1) Penyadaran, 2)Menunjukkan adanya masalah, 3) Membantu pemecahan masalah, 4) Menunjukkan pentingnya perubahan, 5) Melakukan pengujian dan demontrasi, 6)Memproduksi dan publikasi informasi, 7) Melaksanakan pemberdayaan/ penguatan kapasitas. Jenis data dan sumber data berupa kata-kata dan tindakan, sumber data tertulis, foto, dan statistik. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara bertahap, observasi kelompok, dokumen resmi, penelusuran data online. Hasil penelitian ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Provinsi Jawa Timur telah melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Sosialisasi dan Edukasi Konsumen Cerdas dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hasil penelitian ini telah diuraikan sesuai tahapan kegiatan pemberdayaaan masyarakat yang di tulis oleh Lippit dalam buku Mardikanto dan Soebiato (2013:123)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)