IMPLEMENTASI PROGRAM PENGELOLAAN BANK SAMPAH (STUDI DI BANK SAMPAH “SALING ASIH” DESA LARANGAN KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO)

Teresia Retno Aryanti, Tukiman Tukiman

Abstract


Sampah masih menjadi permasalahan yang serius di Sidoarjo, karena ditimbulkan oleh banyaknya penumpukkan sampah rumah tangga. Untuk itulah Dinas Kebersihan dan Pertamanan membuat suatu program yang dianggap sebagai salah satu cara terbaik dalam mengatasi sampah rumah tangga, yaitu dengan bank sampah. Karena adanya dukungan dari pemerintah untuk mengurangi sampah dengan berbagai macam program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah, sehingga terciptanya bank sampah guna merubah perilaku dan paradigma masyarakat tentang sampah, maka seluruh peran dibutuhkan dalam pelaksanaan program tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Pengelolaan Bank Sampah (Studi Di Bank Sampah “Saling Asih” Desa Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo).

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah penabung sampah, pengelola bank sampah, pengepul/ pembeli sampah/ industri daur ulang, pengelolaan sampah di bank sampah, peran instansi (pemerintah dan/atau swasta) terkait bank sampah, pengepul/ pembeli sampah/ industri daur ulang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian Implementasi Program Pengelolaan Bank Sampah (Studi Di Bank Sampah “Saling Asih” Desa Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo) ini dilihat dari buku pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Tahun 2012. Standar tersebut meliputi 1) Penabung Sampah, 2) Pengelola Bank Sampah, 3) Pengepul/ Pembeli Sampah/ Industri Daur Ulang, 4) Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah, 5) Peran Instansi (Pemerintah dan/ atau swasta) Terkait Bank Sampah, 6) Pengepul/ Pembeli Sampah/ Industri Daur Ulang. Dari keseluruh standar pengelolaan bank sampah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Tahun 2012 tentang Implementasi 3R Melalui Bank Sampah, Bank Sampah “Saling Asih” dalam perannya dengan nasabah, pengepul, dan instansi belum terimplementasi secara optimal. Belum optimal dikarenakan masih terdapat beberapa pelaksanaan yang belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan di dalam buku pedoman pengelolaan bank sampah.

 

Kata Kunci : Implementasi, Bank Sampah


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)