Compatibility Inovasi Sistem Informasi Quick Response (SIQUPON) Dinas Perhubungan Kota Pekalongan

Dyah Hariani, Ita Eliza Choirunnisak

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan variabel Compatibility dalam Inovasi Sistem Informasi Quick Response (SIQUPON)  Dinas Perhubungan Kota Pekalongan dan factor yang mempengaruhinya. Dibandingkan dengan penelitian lain, penelitian ini berfokus pada satu variable dan program yang masih baru sehingga perlu untuk dikaji lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang dipilih adalah kepala dinas perhubungan kota Pekalongan, staff dinas perhubungan kota pekalongan dan masyarakat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis Miles dan Huberman yang langkahnya terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Inovasi SIQUPON sudah disesuaikan dengan pengalaman, dimana adanya inovasi tidak serta merta membuang atau menghilangkan sistem sebelumnya (ATCS). SIQUPON juga telah disesuaikan dengan nilai-nilai yang berlaku .Compatibility Inovasi SIQUPON di Dinas Perhubungan Kota Pekalongan karena dapat mendukung percepatan penerimaan inovasi oleh calon pengguna (masyarakat). Adapun factor yang mempengaruhi adalah adanya wadah evaluasi, kurangnya biaya untuk memenuhi kelengkapan dari Inovasi SIQUPON, belum adanya penghargaan atau insentif. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya  anggaran khusus, pembaharuan struktur pengelola dan pembagian tugas yang jelas, penghargaan bagi pegawai yang memiliki insiatif dan krativitas yang tinggi, upaya promosi melalui pemanfaatan social media.


References


Fitriana, Nur Diah. ‘Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng Surabaya’. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol 2. No 1. Hal 2303-3416.

Fedya, Ellis dan Meirinawati. 2016. ‘Inovasi Layanan Samsat Walk Thru sebagai Wujud Pelayanan Prima Bersama Samsat Mojokerto’. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik. Vol 4. No.8.

Kay, Robert & Goldspink, Chris. 2016. ‘Public Sector Innovation : Why it’s different ?’. Journal of Public Sector Innovation.

Robbins, Stephen dan Timothy A. Judge (2008). “Perlaku Organisasi”. Jakarta: Salemba Empat

Sihombing, T. 2016. ‘Public Service Innovation and Reform Towards Good Local Governance’, Global Journal Of Politics And Law Research. Vol 4. No 1. Hlm 64-72.

Sih Suwastiti, Endang Larasati, Sundarso, Titik Djumiarti. 2015. ‘Inovasi Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Tegal (Studi Kasus Pada Pajak Kendaraan Bermotor)’. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik. dan Vol 5, No 3. Hal 4-5.

Sinambela, Lijan Poltak. 2010. “Reformasi Pelayanan Publik”.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”.

Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Yogi. 2008. “Inovasi di Sektor Publik”. Jakarta: STIA-LAN Press

Perda Kota Pekalongan Nomor 13 dan Nomor 15 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Perhubungan

http://atcskotapekalongan.com/diakses pada tanggal 6 Maret 2019

https://pekalongankota.bps.go.id/diakses pada tanggal 6 Maret 2019


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by Pusat Studi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)