RESPONSIVITAS KEBIJAKAN LOKAL DALAM MENGHADAPI DINAMIKA SOSIAL DI DESA TRADISIONAL BALI AGA: KASUS DESA TENGANAN PEGRINGSINGAN, KARANGASEM BALI.

Dewi Sucitawathi P, Ni Luh Yulyana Dewi, I Wayan Joniarta

Abstract


Desa Tenganan Pegringsingan merupakan salah satu desa Bali Aga yang ada di Bali. Di Bali dikenal ada beberapa desa tradisional Bali Aga seperti Desa Terunyan (Kabupaten Bangli), Desa Pedawa (Kabupaten Singaraja), Desa Sembiran (Kabupaten Singaraja), Desa Sidetapa (Kabupaten Singaraja). Untuk di kabupaten Karangasem desa tradisional Bali Aga yang dikenal oleh dunia adalah Desa Tenganan Pegringsingan. Kebijakan lokal Desa Tenganan Pegringsingan mempunyai keunikan dibandingkan dengan desa-desa lain di Bali. Menurut sejarah, di Bali terdapat desa Bali Aga dan keturunan Majapahit, dan Desa Tenganan Pegringsingan adalah termasuk Desa Bali Aga. Di zaman orde baru desa adat di Bali diseragamkan oleh pemerintah, sehingga pada saat itu mulai ada lomba desa. Seiring dengan perkembangan zaman, maka desa Bali Aga juga diharapkan mengikuti perubahan tersebut. Tetapi kenyataannya Desa Tenganan Pegringsingan cenderung tidak mengikuti perubahan yang diatur oleh pemerintah seperti dalam sistem perkawinan, kematian, warisan, dan upacara agama lainnya. Penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dengan tokoh-tokoh masyarakat Desa Tenganan Pegringsingan, hasil pengataman tokoh atau pengamat budaya desa Tenganan Pegringsingan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Desa Tenganan Pegringsingan mengalami dilema, disatu sisi ingin mempertahankan amanat nenek moyang, dan disisi lain tidak bisa menghindari dinamika sosial akibat globalisasi, kebijakan nasional, dan kebijakan pemerintah daerah Bali.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v9i2.1632


References


Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.

Cibro, Samuel. 2014. Desa Dinas dan Desa Pakraman di Bali. Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Dwi Rafika, Wega. Perubahan Sosial dalam Masyarakat Adat Tenganan Pegringsingan, 1960-1990 (Social Change in Tenganan-Pegringsingan Adat Society, 1960-1990) Diakses melalui http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/60697/Wega%20Dwi%20Rafika.pdf?sequence=1.

Anom, I Gusti Ngurah. Pengaruh Globalisasi terhadap Perkawinan Endogami di Desa Tenganan Pegringsingan Kabupaten Karangasem. Diakses melalui https://studylibid.com/doc/104449/pengaruh-globalisasi-terhadap pada jam 21.27 WIB.

Nurcholis, Hanif. 2007. Teori dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah. PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta.

Pasolong, Harbini. 2017. Teori Administrasi Publik. CV.Alfabeta: Bandung.

Redit, I Wayan. Skripsi Kebijakan Pemerintah Mengenai Geopark (Analisis Implekasi Kebijakan Geopark di Desa Batur Tengah Kabupaten Bangli.

Permana, Mirza, Eddi Basuki, Nindya Sari. Perubahan Pola Ruang Tradisional Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Karangasem-Bali. Arsitektur e-Journal, Volume 3, No. 1, November 2010, diakses melalui https://www.researchgate.net/publication/315328991_PERUBAHAN_POLA_RUANG_TRADISIONAL_DESA_ADAT_TENGANAN_PEGRINGSINGAN_KARANGASEM_-_BALI pada tanggal 30 Agustus 2019 jam 21.20 WIB.

Prasojo, Eko. Percepatan Reformasi Birokrasi sebagai Kunci Keberhasilan Pembangunan Nasional, diakses melalui www.iaitbjakarta.com/files/Makalah_Eko_Prasojo.doc pada tanggal 30 Agustus 2019 jam 20.41 WIB.

Rakhmat. 2017. Administrasi dan Akuntabilitas Publik. Penerbit ANDI: Yogyakarta.

Ritzer, George dan Barry Smart. 2012. Teori Sosial. Nusamedia: Bandung.

Suacana, I Wayan Gede. 2010. Transformasi Otonomi Dalam Tata Pemerintahan Desa Mengwi Kabupaten Badung. Jurnal Ilmu Politik, edisi 21 2010, hal 137-14. Penerbit Kerjasama AIPI dengan Pustaka Pelajar.

Subanda. 2007. Jurnal Opini Vol. 4 N0.1 Pebruari 2007. Judul “Negara, Desa Adat dan Rakyat Dalam Kepemimpinan Lokal di Bali (Studi Tentang Surveillance dan Dialectic of Control dari Perspektif Strukturasi).

Subanda, I Nyoman, dkk. 2007. Laporan Hasil Penelitian: Negara Desa Adat dan Rakyat Dalam Kepemimpinan Lokal di Bali (Universitas Prendidikan Nasional Denpasar).

Sudantra, Ketut. 2007. Pelaksanaan Fungsi Hakim Perdamaian Desa dalam Kondisi Dualisme Pemerintahan Desa di Bali. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Sumarjo. Eksistensi Awig-Awig dalam Menjaga Harmonisasi Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Kabupaten Karangasem, Bali, diakses melalui https://jurnal.uns.ac.id pada tanggal 30 Agustus 2019 jam 20.55 WIB.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by Pusat Studi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)