ANALISIS KINERJA PEGAWAI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR BPJS KESEHATAN CABANG MAKASSAR

Robbi Robbi Robbi, Hafiz Elfiansya Parawu, Nurbiah Tahir

Abstract


Kinerja pegawai yang optimal dibutuhkan untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah guna menganalisis seberapa besar pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Makassar, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey bertipe penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengabsahan data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, baik secara parsial maupun simultan, menggunakan bantuan software SPSS version 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa secara parsial pengaruh kualitas kerja terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 0,228 atau 22.8%, pengaruh komunikasi terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 0,425 atau 42,5%, pengaruh kecepatan  terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 0,450 atau 45%, pengaruh kemampuan terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 0,422 atau 42,2%, dan pengaruh inisiatif terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 0,286 atau 28,6%. Adapun secara simultan, hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 0,606 atau 60,6%.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v10i2.2259

 


References


Asrini, Sudarmi, & Parawu, H. E. (2019). Pengaruh Dimensi Etika, Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Kualitas Pelayanan Publik dalam Perspektif Sound Governance di Kantor Samsat Kabupaten Gowa. 5(3), 354–370.

Debby, S. R. Y. P., & Kania, I. (2018). Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Tiket Kereta Api di Stasiun Bandung. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 9(1), 21–28.

Eko, S. (2014). Menantang Akuntabilitas Publik dari Medan Warga. Jakarta: Yappika.

Handayani, L., & Suryani, N. (2019). Pengaruh Kinerja Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Masyarakat melalui Kualitas Pelayanan. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 743–757. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31504

Haryono, H., & Eko Pujianto, W. (2016). Upaya Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kantor Kecamatan Gedangan. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 1(1), 43. https://doi.org/10.21070/jkmp.v1i1.426

Hendriadi, A., Sulaiman, A. A., Suharyanto, Syahyuti, & Jamal, E. (2018). Pelayanan Publik Transparan, Efisien dan Kredibel (II). Jakarta: IAARD Press.

Masram, & Mu’ah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mulasari, H., & Suratman, B. (2012). Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik …. 9, 198–210.

Nurlaila. (2012). Nurlaila Perilaku Organisasi 1. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas khairun.

Permatasari, D., Nurmalasyiah, & Noor, M. (2018). Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Desa Rodok Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. 1(1), 33–52.

Potolau, M. J. N. (2020). Pengaruh Etika Birokrasi dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Kantor Camat di Kota Bitung. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi UMA, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.3078

Silaban, H. (2012). Pelayanan Publik di Era Reformasi. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Subagyo, M., Suseno, D., & Ernawati. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Loyalitas karyawan dan Kinerja Karyawan terhadap Kualitas Pelayanan Unit Layanan Pengadaan Barang/ Jasa. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10(1), 87–94.

Supit, T. J. P., Tampi, J. R. E., & Londa, V. Y. (2015). Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tomohon. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi, 1–138.

Zeithmal, V. A., Parasuraman & Berry. L. L. (1990). Delivery Quality Service, New York: The Free Press.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id