ANALISIS PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA KPP PRATAMA SURABAYA MULYOREJO

Anik Yuliati, Rachmad Santoso

Abstract


Tujuan pemerintah Indonesia kembali memberlakukan kebijakan Tax Amnesty ini adalah pertama repatriasi atau untuk menarik dana warga Indonesia yang ada diluar negeri. Dan kedua untuk meningkatkan basis perpajakan nasional dimana aset yang disampaikan dalam permohonan pengampunan pajak dapat dimanfaatkan untuk pemajakan yang akan datang yang nantinya berdampak pada efektivitas penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Jumlah Wajib Pajak Badan terdaftar yang mengikuti tax amnesty, SSP Badan yang disetorkan mengikuti tax amnesty terhadap penerimaan pajak penghasilan badan pada KPP Pratama Surabaya Mulyorejo.

Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Mulyorejo berupa data jumlah Wajib Pajak Badan terdaftar, Surat Setoran Pajak (SSP) Badan yang disetorkan mengikuti tax amnesty dan Penerimaan Pajak Penghasilan Badan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda yang dihitung menggunakan SPSS (Statistical Package for Sosial Sciences).

Hasil penelitian ini menunjukkan Jumlah Wajib Pajak Badan tidak berpengaruh secara Parsial terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan dan Surat Setoran Pajak (SSP) yang disetorkan mengikuti tax amnesty secara parsial berpengaruh positif terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan Pada KPP Pratama Surabaya Mulyorejo.

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v10i2.2317


References


Adam, Olivia, Hartati Tuli dan Siti Pratiwi Husain. 2017. Pengaruh Program Pengampunan Pajak Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak di Indonesia. Universitas Negeri Gorontalo.

Arista, Juliarta Dwi. 2018. Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 25/29 Wajib Pajak Badan (Studi Pada KPP Pratama Sidoarjo Utara). UPN Veteran Jawa Timur.

Awaeh, Maya Angriani, Linda Lambey, Sherly Pinatik. 2017. Analisis Efektivitas Penerapan Tax Amnesty (Pengampunan Pajak) Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Badan Pusat Statistik. 2020. Realisasi Penerimaan Negara (Milyar Rupiah) 2013- 2017. http://www.bps.go.id/, di akses Pada 16 Agustus 2018

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Amnesti Pajak. Http://www.pajak.go.id/, di akses tanggal 16 Agustus 2018.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunadi, 2013. Ketentuan Perhitungan dan Pelunasan Pajak Penghasilan. Jakarta : Salemba Empat.

Kartika, Citra Ayu, Grace B Nangoi, Robert Lambey. 2017. Analisis Efektivitas Penerapan Tax Amnesty (Pengampunan Pajak) terhadap Penerimaan Pajak dari wajib pajak badan usaha pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado.

Kemenkeu (Kementerian Keuangan RI). 2016. Tax Amnesty dan Kinerja Perpajakan. http://www.kemenkeu.go.id/, di akses tanggal 20 Agustus 2018

Kemenkeu (Kementerian Keuangan RI). 2017. Perekonomian Indonesia dan APBN 2017. http://www.kemenkeu.go.id/, di akses tanggal 16 Agustus 2018.

Khairunnisa. 2017. Pengaruh Jumlah Wajib Pajak, Self Assessment System, Kepatuhan Wajib Pajak, Penagihan Pajak dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan PPh Pasal 25/29 Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng. UPN Veteran Jawa Timur.

Kistiantoro, Dody. 2015 Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Tingkat Penerimaan Pajak Penghasilan Badan Pada KPP Pratama Ponorogo. Universitas Airlangga.

Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

Ngadiman dan Daniel Huslin. 2015. Pengaruh Sunset Policy, Tax Amnesty, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan). Universitas Tarumanegara.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor. 118/PMK.03.2016. Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak.

PP, Kevin Athar. 2017. Pengaruh Jumlah Wajib Pajak badan dan penyampaian SPT Masa PPh Badan terhadap penerimaan Pajak Penghasilan Badan (Studi pada KPP Madya Malang Periode 2013-2016). Universitas Brawijaya.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia : Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Resmi, Siti. 2013. Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet.

Tim Penyusun. 2018. Pelatihan Pajak Terapan Brevet AB Terpadu. Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia

Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak

Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang – Undang Republik Indonesia No 36 Tahun 2008


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)