STRATEGI BUMDES DALAM PENGELOLAAN KAMPUNG ETAWA DI DESA SURUH KABUPATEN TRENGGALEK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan Badan Usaha Milik Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Suruh Kabupaten Trenggalek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metodologi penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) manfaatnya dapat dirasakan oleh warga Desa Suruh Kabupaten Trenggalek, yakni dengan pemberdayaan potensi yang ada masyarakat bisa meningkatkan produk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan memberikan dampak langsung terhadap ekonomi dan budaya masyarakat.. Dan juga dengan adaya pemerintah merupakan sektor ekonomi penyumbang devisa terbesar yang mampu mengatasi kemiskinan dan pengangguran. Maka dari itu modal pariwisata perlu dimanfaatkan dalam pengembangan dan meningkatkan mutu dari wisata itu sendiri agar terciptanya kondisi yang diharapkan dalam mengembangkan pariwisata maka diperlukan sapta pesona yang merupakan salah satu unsur pokok dalam pengembangan dan peningkatan wisata di suatu daerah. BUMDes adalah suatu strategi penguatan ekonomi desa. Suatu desa dapat dikembangkan menjadi desa wisata apabila memiliki 7 faktor pendukung.
References
Anis, A. (2020). Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Berbasis Partisipatif Di Kabupaten Brebes. El-Hamra, 5(2), 25–32. http://ejournal.el-hamra.id/index.php/el/article/view/97
Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024
Damanik, D., Damanik, D. H., & Iskandar, D. D. (2019). Strategi Pengembangan Desa Wisata (Studi Kasus : Desa Wisata Ponggok). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 19(2), 120–127. https://jurnal.uns.ac.id/jiep/article/view/31944
Nursetiawan, I. (2018). Strategi Pengembangan Desa Mandiri Melalui Inovasi Bumdes. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(2), 72–81.
Rahmatillah, T. P., Insyan, O., Nurafifah, N., & Hirsan, F. P. (2019). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Wisata Alam dan Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang. Jurnal Planoearth, 4(2), 111. https://doi.org/10.31764/jpe.v4i2.970
Rijipkema. (2014). No Title.
Selamet Joko Utomo, B. S. (2012). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG. Packaging Digest, 49(1),
–21. https://doi.org/10.21107/nbs.v11i2.3381
Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595
Zandri, L., Putri, N., & Fahmi, R. (2018). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dharma Utama. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 6(9), 1–12. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9816
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.