PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PENERIMA BANTUAN PANGAN BERAS DI KELURAHAN BUKIT SURUNGAN

Elisa Adinda Putri, Dasman Lanin

Abstract


Program Bantuan Pangan Beras Berupa program (CBP) diluncurkan untuk membantu keluarga miskin. Namun, dalam pelaksanaannya program ini menghadapi sejumlah tantangan, seperti berkurangnya jumlah penerima manfaat, kurangnya penyampaian informasi, kualitas beras yang tidak merata, serta pelayanan dan proses pendataan yang masih belum maksimal pada penelitian yang dilakukan saat ini dimaksudkan untuk mengukur seberapa pengaruh kualitas pelayanan dan profesionalisme kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat penerima bantuan pangan beras di Kelurahan Bukit Surungan. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan membagikan kuisioner kepada masyarakat penerima bantuan beras yang tersebar di kelurahan bukit surungan yang berjumlah 86 responden. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.Studi ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pemilihan sampel secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan membagikan kuisioner kepada masyarakat penerima bantuan beras yang tersebar di Kelurahan Bukit Surungan yang berjumlah 86 responden. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.Variabel yang dianalisis dalam studi ini mencakup kualitas layanan (X1) profesionalisme kerja pegawai (X2), dan kepuasan masyarakat (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan profesionalisme kerja pegawai berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat penerima bantuan pangan beras di Kelurahan Bukit Surungan.


References


Andriyani, Y. (2016). Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Penyelenggaraan Administrasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Administrasi Negara, 4(1), 2320–2333.

Angraeni, L. K. A. M. M. D. (2022). Pengauh Pelayanan Pegawai dan Kualitas Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Sikakap (Studi Kasus Pembuatan KK dan KTP). Jurnal Matua, 5(1), 29–44.

Asia Amin, Ahmad Firman, & Badaruddin. (2022). Pengaruh Profesionalisme, Transparansi DanKredibilitas Pegawai Terhadap KepuasanMasyarakat Pada Badan Penyelesaian SengketaKota Parepare. Jmmni, 3(April), 296.

Debora, S., Candra, Y., & Nurlina. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kantor Kelurahan Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Padang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7, 1–15. http://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/264

Fardi, M., Inka Nusamuda Pratama, Darmansyah, & Amil. (2023). Transparansi Pendataan Program Bantuan Sosial Tunai dalam Penanggulangan Kemiskinan di Lingkungan Bebidas Kelurahan Pegesangan Kota Mataram. Journal of Social and Policy Issues, 3, 150–155. https://doi.org/10.58835/jspi.v3i3.209

Gunawan, K. (2024). Pelaksanaan Program Cadangan Beras Pemerintah ( Cbp ) Dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Pokok Keluarga Miskin Non-Departemen. 5(2), 62–74.

Hidayatul Faizah, Ni Made Musiyani Anjasmari, S. H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Pelayanan Teknis Puskesmas Naioni Kota Kupang. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

Husaini, M., Jumadi, J., & Munawarah, Z. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Puskesmas Mungkur Agung Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4571–4577. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1766

Julaiha, S., Hasbiyah, S., Studi, P., Publik, A., Tinggi, S., & Administrasi, I. (2024). MASYARAKAT PADA MALL PELAYANAN PUBLIK. 1, 304–309.

Lanin, D., & Hermanto, N. (2017). The Reinforcement of Foreigner Satisfaction Concept in Immigra- tion Service in Indonesia. Journal of Government and Politics, 8(2). https://doi.org/10.18196/jgp.2017.0048.201-227

Rangguni Cemerlaning Tias, Meitiana, M., & Tresia Kristiani. (2022). Pengaruh profesionalisme kerja dan kinerja pegawai melalui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna layanan Unit Layanan Terpadu Lembaga Penjaminan Kualitas Pendidikan Kalimantan Tengah. Journal of Environment and Management, 2(3), 273–281. https://doi.org/10.37304/jem.v2i3.4388

Rosmiati, R. A., Darmono, H., & Shadiq, T. F. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Dengan Kepuasan Masyarakat Di Kota Tangerang. Jurnal Pemandhu, 3(1), 19–30. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JM/article/view/2426

Sandro, D. (2023). Pengaruh Profesionalisme, Komitmen dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN. JESS (Journal of Education on Social Science), 6(2), 216–228.

Sinurat, R. P. P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemiskinan Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Registratie, 5(2), 87–103. https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v5i2.3554

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Wiwi Adilah, Hendri Sucipto, & Indah Dewi Mulyani. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Peran Pendamping terhadap Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Program Kelurga Harapan (PKH). Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(4), 206–222. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1856


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Department of Public Administration

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Faculty of Social, Cultural, and Political Science

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id