PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DISDUKCAPIL KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Astrina Febrianti, Lukman Lukman, Muhammad Ikbal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan regresi linear sederhana melalui program aplikasi IBM SPSS statistik 21.0. Hasil olahan data menunjukkan bahwa perilaku birokrasi berada dalam kategori “Baik” dengan skor rata-rata 79,6%, sedangkan kualitas pelayanan publik berada dalam kategori “Baik” dengan skor rata-rata 78,4%. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (12,869) > ttabel (1,661), yang berarti terdapat “pengaruh dan signifikan” dari perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik.  Hasil uji koefisien nilai R2 sebesar 63,5%, yang berarti perilaku birokrasi memengaruhi kualitas pelayanan sebesar 63,5% sementara sisanya 36,5% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, semakin baik perilaku birokrasi, maka semakin meningkat pula kualitas pelayanan publik.


References


Dali, S. R., Sulila, I., & Abdussamad, J. (2024). Pengaruh Perilaku Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Samsat Kota Gorontalo. Journal Education and Government Wiyata, 2(4), 447–457.

Endah, K., Vestikowati, E., & Galuh, U. (2021). Birokrasi Pemerintaha Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jurnal Moderat, 7(3), 647–656.

Erlianti, D. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik & Bisnis, 1(1), 9–18. http://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis

Fitria, I., Asad, M. A., & Lukman, L. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Rappang. Praja: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 8(3), 190–197. https://doi.org/10.51817/prj.v8i3.296

Gusmita, E. (2022). Analisis Perilaku Birokrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kantor Camat Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci. Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal), 2(2), 39–49. https://journal.ebisma.net

Lauma, R., Pangemanan, S., & Sampe, S. (2019). Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governanace Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Suatu Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten …. Jurnal Eksekutif. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/23855

Mayasari, R. M., Enggok, M. S., & Herman, M. (2022). Pengaruh Profesionalisme Kerja Dan Perilaku Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pegawai Kantor Blud Intan Hijau Kabupaten Banjar. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(1), 1–8.

Novitasari, D., Ikbal, M., & Adnan, A. A. (2022). Tingkat Kepatuhan Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Pangkajene Kecamatan …. JIA: Jurnal Ilmiah …. http://jurnal.umsrappang.ac.id/jia/article/view/698%0Ahttp://jurnal.umsrappang.ac.id/jia/article/download/698/585

Punya, P. S., Sambiran, S., & Sampe, S. (2019). Perilaku Birokrasi Pemerintah Dalam Pelayanan Administrasi Pada Kantor Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1–12.

Rianto, A. (2018). Pelayanan Publik Dalam Konteks Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 12(02), 12–19. https://doi.org/10.32534/jsfk.v12i02.555

Sabali, S., Tui, F. P., & Nani, Y. N. (2025). Standar Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Journal Administration and Public Service, 5(2), 62–67.

Sadi, T. (2017). Kajian Hukum Tentang PenerapanPrinsip Pelayanan Publik BerdasarkanUndang-Undang Nomor 25 Tahun 2009Tentang Pelayanan Publik. Lex et Societatis, 5(6), 1–8.

Sudiartha Athar, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi Uniat, 5(1), 57–64. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/jrmb/article/view/367

Suhardiman, Rachman, M., & Jamiah. (2023). Birokrasi & Public Governance (T. Media (ed.)). CV.Tahta Media Group.

Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon. https://ejurnal.stiamak.ac.id/index.php/jbh/article/view/42

Susanto, J., & Anggraini, Z. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Jurnal Administrasi Negara. http://www.journal.stialanmakassar.ac.id/index.php/jurnal_administrasi_negara/article/view/699

Thoha, M. (2005). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. library.stik-ptik.ac.id. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:178438169

Usnaidi, & Purnama, Y. H. (2022). Pengaruh Perilaku Birokrasi Dan Keterampilan Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 13888–13898.

Wahono, A. (2022). Re-Coding Dna Of Public Administration Sebagai Upaya Peningkatan Public Service. Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik),2 (2). https://doi.org/10.38156/gjkmp.v2i2.46


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Department of Public Administration

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Faculty of Social, Cultural, and Political Science

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id