PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DISDUKCAPIL KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Astrina Febrianti, Lukman Lukman, Muhammad Ikbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan regresi linear sederhana melalui program aplikasi IBM SPSS statistik 21.0. Hasil olahan data menunjukkan bahwa perilaku birokrasi berada dalam kategori “Baik” dengan skor rata-rata 79,6%, sedangkan kualitas pelayanan publik berada dalam kategori “Baik” dengan skor rata-rata 78,4%. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (12,869) > ttabel (1,661), yang berarti terdapat “pengaruh dan signifikan” dari perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik.  Hasil uji koefisien nilai R2 sebesar 63,5%, yang berarti perilaku birokrasi memengaruhi kualitas pelayanan sebesar 63,5% sementara sisanya 36,5% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, semakin baik perilaku birokrasi, maka semakin meningkat pula kualitas pelayanan publik.


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Department of Public Administration

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Faculty of Social, Cultural, and Political Science

University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id