DAMPAK TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Transformasi digital adalah langkah adaptasi sektor publik untuk menjawab tuntutan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan publik. Melalui studi literatur, terbukti bahwa digitalisasi mampu meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, transparansi, dan akuntabilitas layanan publik di Indonesia. Digitalisasi mempersingkat birokrasi manual, memangkas antrean, menurunkan biaya layanan, serta memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan, terutama pada masa pandemi COVID-19. Meskipun demikian, transformasi digital masih menghadapi beberapa tantangan mendasar, seperti rendahnya literasi digital di masyarakat, resistensi sebagian aparatur birokrasi, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil, lemahnya integrasi data antarlembaga, dan isu perlindungan data pribadi yang belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya optimalisasi melalui kebijakan lintas sektor yang terintegrasi, peningkatan kualitas SDM birokrasi, penguatan infrastruktur teknologi informasi, serta pemberdayaan masyarakat agar mampu memanfaatkan layanan digital secara maksimal. Dengan penguatan di berbagai aspek tersebut, transformasi digital diharapkan dapat benar-benar mendukung terwujudnya prinsip good governance dan memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia.
References
Apriliani, D., Rahman, B., & Ibrahim, I. (2021).
Digitalisasi pelayanan publik (Inovasi pelayanan publik berbasis Android di Kabupaten Bangka). Jurnal Sosial dan Sains, 1(4), 260–268.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. BPS Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2021/
Creswell, J. W. (2016). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dunleavy, P., Margetts, H., Bastow, S., & Tinkler, J. (2005). New public management is dead: Long live digital-era governance. Journal of Public Administration Research and Theory, 16(3), 467–494. https://doi.org/10.1093/jopart/mui057
Fink, A. (2010). Conducting research literature reviews: From the internet to paper (3rd ed.). SAGE Publications.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management information systems: Managing the digital firm (16th ed.). Pearson.
Muluk, M. R. K. (2008). Inovasi dalam birokrasi publik. Penerbit Airlangga University Press.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Panggabean, C., & Meilani, N. L. (2023). Digitalisasi pelayanan publik di Kota Pekanbaru (Studi kasus aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman dalam tinjauan digital era governance). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 721–728.
Peppard, J., & Ward, J. (2002). Strategic planning for information systems (3rd ed.). Wiley.
Rahmawati, M. P., & Fatchuriza, M. (2021). Inovasi pelayanan administrasi kependudukan dalam genggaman (Pak Dalman) berbasis aplikasi di Kabupaten Kendal. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2), 28–39.
Ridley, D. (2012). The literature review: A step-by-step guide for students (2nd ed.). SAGE Publications.
Sallu, S. (2023). Digitalisasi kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 342–351.
Sebastian, I. M., Ross, J. W., Beath, C. M., Mocker, M., Moloney, K. G., & Fonstad, N. O. (2017). How big old companies navigate digital transformation. MIS Quarterly Executive, 16(3), 197–213.
Sulistiyo, R. D., & Shihab, M. R. (2023). Transformasi digital dalam pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM): Studi kasus Korlantas Polri. Technomedia Journal, 8(2SP), 189–204.
Utami, P. (2023). Transformasi administrasi publik: Inovasi dan adaptasi menuju efisiensi dan pelayanan publik berkualitas. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 6(2), 1–9.
Ward, J., & Peppard, J. (2002). Strategic planning for information systems (3rd ed.). Wiley.
Full Text: PDF
Published by :
Department of Public Administration
University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)
Editorial Office :
Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya
Faculty of Social, Cultural, and Political Science
University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id






