PETA JALAN DANA ABADI PESANTREN DALAM MEMENUHI TANTANGAN SOSIAL DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis arah kebijakan dana abadi pesantren dalam memenuhi tantangan sosial di era society 5.0. Hal ini sebagai upaya menemukan titik temu antara yang menjadi tantangan dan yang perlu dikuatkan untuk pesantren. Sehingga memberikan dampak positif pada kemajuan pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hal ini didasarkan pada tujuan penelitian yang membutuhkan kajian dan analisis metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah review jurnal, buku, undang-undang, peraturan presiden, dan lainnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi isi, di mana peneliti menelaah setiap sumber data yang diambil dan menganalisis hubungan dengan penelitian. Sehingga mendapatkan hasil yang objektif, valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga aspek peta jalan dana abadi pesantren, yaitu pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. Namun hingga sekarang implementasi dana abadi pesantren fokus pada pengembangan sumber daya manusia, seperti pemberian beasiswa bagi anak didik pesantren. Pengembangan sumber daya manusia perlu mencakup pengembangan teknologi, dan hal yang berkaitan dengan aspek tersebut. Karena pesantren tidak hanya mencetak ulama. Namun juga pemimpin masa depan. Sehingga dana abadi pesantren dapat memberikan jalan untuk transformasi pesantren. Kemudian dakwah dan pemberdayaan masyarakat perlu diimplementasikan dengan dalam mendukung kemajuan pesantren.
References
Buku:
Mokodenseho, S., Hanipudin, S., & Liawati, S. (2024).
Pendidikan Islam di Pondok Pesantren. Cilacap: CV. TRIPE KONSULTAN.
Artikel Jurnal:
Adiansyah, D. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kesalehan Sosial Di Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Volume 1 Nomor 2.
Ardiansyah, D. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Sebagai Upaya Menghadapi Era Society 5.0. JURNAL 12 WAIHERU Volume. 9, Nomor 2.
Arif, M. (2013). Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi. NP Vol. XXVIII No. 2.
AS, A. S., & Najib, A. (2022). Strategi Pembelajaran Lembaga Pendidikan Pesantren Dalam Mengahadapi Era Digitalisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Minhajut Thullab Jombang). Sumbula : Volume 7, Nomor 2.
Budiman, S. A., & Isnaeni, F. (2019 ). Penyuluhan Peran Santri Dalam Menjawab Tantangan Dakwah Di Era Digital. Jurnal Loyalitas Sosial Vol. 1 No. 2.
Carolina, M., & Mahendra Nazhid, A. R. (2021). Dana Abadi Pesantren: Keberpihakan Pemerintah bagi Pendidikan di Pesantren. Kesejahteraan Rakyat Budget Issue Brief Vol 01, Ed 20.
Damanhuri, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2013). Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Ta’dibuna, Vol. 2, No. 1, 19.
Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Doi: 10.30868/im.v4i02.3616 .
Indah, N. N., Putri, A. S., Fajriansyah, M. A., & Luthfiah, Z. (2022). Adopsi Teknologi pada Pesantren Menuju Generasi Rabbani. Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 No.1.
Indra, H. (2017). Pesantren Salafiyah Dan Responnya Di Era Globalisasi. Ta’dibuna, Vol. 6, No. 2, 140.
Iryana , W. (2015). Tantangan Pesantren Salaf Di Era Modern. AL-MURABBI Volume 2, Nomor 1, 66.
Jumari, & Umam, K. (2022). Era Society 5.0: Suatu Tantangan Bagi Pendidikan Islam Kekinian. Journal of Islamic Education And Pesantren Vol 2, Issue 2.
Kadiyo. (2022). Dampak Kemajuan Teknologi Pendidikan Terhadap Perkembangan Kurikulum Di Pesantren.
Berajah Journal Jurnal Pembelajaran dan
Pengembangan Diri Volume 2 Nomor 3. Kholifah, A. (2022). Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital.
Mustafa,
JURNAL BASICEDU V olume 6 Nomor 3. Rohayati, Abdullah, A., Alhidayatillah, N., & Astuti, D. P. (2023). Dari Kesenjangan ke Inklusi Digital: Peluang dan Tantangan Digitalisasi di Kalangan Santri di Indonesia. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Pekanbaru-Riau: INSTITUT RISET DAN PUBLIKASI INDONESIA (IRPI).
Noviani, D., Mustafyanti, Zaimuddin, Aidah, & Hilmin. (2023). Sosialisasi Urgensi Pendidikan Karakter Terhadap Remaja Millenial Generasi Z di Era Society 5.0. ADM: Jurnal Abdi Dosen dan Mahasiswa Volume 1, Number 2, 120.
Primajati, G., Suhendra, E., Amrullah, A. Z., Jauhari, M. T., & Siddiq, N. K. (2022). Pendidikan Literasi Teknologi untuk Pesantren dalam Rangka Mendukung Merdeka Belajar di Pondok Pesantren. JMH: Jurnal Mengabdi dari Hati V olume 1 Nomor 1.
Putri, N. E. (2023). Era Digitalisasi: Membangun Peradaban Baru dalam Kebudayaan Pesantren. INTEGRATIA: Journal of Education, Human Development, and Community Engagement Volume 1 Number 2.
Qurtubi, A., Ramli, A., Mahmudah, F. N., Suwarsito, & Nasril. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Digitalpreneurship Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Era Teknologi Digital. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 4 Nomor 2.
Ramadhan, A., Mubarak, H., Syam, M. I., Hanafiah, & Muchtarom. (2023). Pergeseran Paradigma Pesantren dan Tantangan Pengembangan Kultur Pesantren di Era Globalisasi. Jurnal Wali Pikir.
Ramadhonus, Shunhaji, A., & Sarnoto, A. Z. (2024). Tradisi Pendidikan Pesantren Dantantangan Era Revolusi Industri 4.0 Analisa Tentang Eksistensi Pesantren Setelah Terbitnya Undang Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren. Blantika: Multidisciplinary Jornal V olume 2 Number 5.
Samsudin . (2019). Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren Di Era Disrupsi. onference on Islamic Studies (CoIS).
Susanty, F. (2024). Implementasi Pendidikan Pesantren Pada Sekolah Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga Di Era Society 5.0 . EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 02 Nomor: 01.
Y usutria,
Website:
Bayu, D. (2022, Mei 5). Indonesia Miliki 26.975 Pesantren, Ini Sebaran Wilayahnya. Diambil kembali dari dataindonesia:
Ichsan, Y., Hanafiah, Y., & Charles. (2023). Pesantren Strategy in Building the Character of Millennial Participants in the 5.0 Era. Biced Proceeding Bukit Tinggi International Conference On Education (hal. 134). Sumatera Barat: UIN Bukit Tinggi.
https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/indones ia-miliki-26975-pesantren-ini-sebaran- wilayahnya.
Irawan, H. (2023, September 5). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI. Diambil kembali dari pendis kemenag: https://pendis.kemenag.go.id/read/peta-jalan- dana-abadi-pesantren-spesifik-kembangkan-sdm
Undang-Undang:
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.
Full Text: PDF
Published by :
Department of Public Administration
University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)
Editorial Office :
Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya
Faculty of Social, Cultural, and Political Science
University of Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id






